Minggu, 23 Desember 2012

PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA di ERA GLOBALISASI


Tugas individu
PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA di ERA GLOBALISASI










OLEH :

Nur Hidayani
1247042175
M 1.9

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2012/2013



KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran ALLAH swt karna atas berkat rahmat dan karunia-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini meskipun jauh dari sempurna
Adapun judul yang penulis ambil dalam penyusunan makalah ini adalah “Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi ” yang bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia.
Dalam penyusunan makalah ini penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karna itu dengan tangan terbuka kritik dan saran dari berbagai pihak sangat  harapkan, demi kesempurnaan makalah ini.
Besar harapan penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami selaku penyusun dan bagi pembaca pada umumnya
Makassar 22 Desember 2012

Penulis


                                                                                                 
DAFTAR ISI

Kata pengantar……………………………………………………….           i
Daftar isi……………………………………………………………..           ii
BAB I
Pendahuluan………………………………………………………….          1
Rumusan Masalah…………………………………………………….          2
Tujuan…………………………………………………………………         2
BAB II
Pembahasan……………………………………………………………        3
1.      Sejarah perkembangan Bahasa Indonesia..……………………         3
2.      Perkembangan Bahasa Indonesia di era globalisasi..………….         5
3.      Dampak perkembangan tekhnologi dalam perkembangan
bahasa Indonesia………………………………………………         6
4.      perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja .………..         8
BAB III
Penutup……………………………………………………………….          9
Kesimpulan…………………………………………………………...          9
Saran………………………………………………………………….          9
Daftar pustaka            …………………………………………………….….          10




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Bahasa merupakan media untuk menyampaikan informasi baik secara lisan maupun tulisan dari individu satu ke individu lainnya .di Indonesia sendiri kita memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa kita. meskipun terkadang kita seringkali menggunakan bahasa Indonesia secara sembarangan, terutama di kalangan remaja saat ini. itu semua karena berbagai pengaruh lingkungan dan  akibat dari perkembangan zaman globalisasi yang semakin pesat.
Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Dengan adanya globalisasi perkembangan tekhnologi pun semakin pesat dan pengaruh tekhnologi juga membuat penggunaan bahasa Indonesia yang kurang baik akibat menggunakan bahasa Indonesia di gabungkan dengan bahasa slang atau bahasa gaul itu sendiri sehingga anak-anak jaman sekarang ini lebih sering menggunakan bahasa slang atau bahasa gaul tersebut.





B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka rumusan masalah yang akan dipaparkan dalam makalah ini adalah :
1.      Apa saja sejarah  perkembangan bahasa Indonesia ?
2.      Bagaimanakah perkembangan Bahasa Indonesia di era globalisasi ?
3.      Apa saja dampak perkembangan tekhnologi dalam perkembangan bahasa Indonesia ?
4.      Bagaimanakah perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja?


C.    Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah
1.      Untuk mengetahui sejarah  perkembangan bahasa Indonesia
2.      Untuk mengetahui perkembangan Bahasa Indonesia di era globalisasi
3.      Untuk mengetahui dampak perkembangan tekhnologi dalam perkembangan bahasa Indonesia
4.      Untuk mengetahui perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja







BAB II
PEMBAHASAN
1.      Sejarah perkembangan Bahasa Indonesia
Bahasa merupakan hal terpenting dalam suatu negara karena melalui bahasa kita dapat saling berkomunikasi satu sama lain baik secara lisan maupun tulisan dan  selain itu melalui bahasa kita dapat mengetahui mengetahui jati diri suatu bangsa,dan begitu pula di Indonesia.kita memiliki bahasa Indonesia sebagai suatu jati diri bangsa kita.dan untuk itulah kita sebaiknya mengetahui tentang peristiwa-peristiwa penting atau sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa serta agar kita mampu untuk lebih menghargai bahasa kita sendiri .dan Setelah penulis membaca beberapa sumber mengenai sejarah perkembangan bahasa Indonesia. Berikut ini penulis memaparkan mengenai peristiwa-peristiwa penting dalam  perkembangan bahasa Indonesia,diantaranya :
1.      Pada tahun 1901 disusun ejaan resmi bahasa melayu oleh Ch. A Van Ophusijen dan dimuat dalam kitab logat melayu.
2.      Pada tahun 1908 pemerintah mendirikan sebuah badan penerbit buku bacaan yang diberi nama commissie voor de volkslectuur (taman bacaan rakyat), yang kemudian pada tahun 1917 diubah menjadi balai pustaka. Balai pustaka menerbitkan buku-buku novel, seperti siti nurbaya dan salah asuha, buku-buku penuntun bercocok tanam, penuntun memelihara kesehatan, yang tidak sedikit membantu penyebaran bahasa melayu di kalangan masyarakat luas.
3.      Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan saat-saat yang paling menentukan dalam perkembangan bahasa Indonesia karena pada tanggal 28 Oktober 1928 itulah para pemuda pilihan memancangkan tonggak yang kukuh untuk perjalanan bahasa Indonesia
4.      Pada tahun 1933 secara resmi berdiri sebuah angkatan sastrawan muda  yang menanamkan dirinya pujangga baru yang dipimpin oleh Sutan Takdir Alisyahbana dan kawan-kawan
5.      Pada tanggal 2-28 Juni 1938 dilangsungkan kongres bahasa Indonesia I di Solo. Dari hasil kongres di Solo ini dapat disimpulkan bahwa usaha pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia telah dilakukan secara sadar oleh cendikiawan dan budayawan kita saat itu
6.      Pada tanggal 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang-undang 1945, yang salah satu pasalnya (pasal 36) menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.
7.      Pada tanggal 19 Maret 1947  diresmikan penggunaan ejaan Republik (ejaan Soewandi) sebagai pengganti ejaan van Ophuisjen yang berlaku sebelumnya
8.      Kongres bahasa Indonesia II  di Medan pada tanggal 28 Oktober 2 November 1954 adalah juga salah satu perwujudan tekad bangsa Indonesia untuk terus menerus menyempurnakan bahasa Indonesia yang diangkat sebagai bahasa nasional dan ditetapkan sebagai bahasa negara itu.
9.      Pada tanggal 16 Agustus 1972 Presiden Republik Indonesia meresmikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan melalui pidato kenegaraan di depan sidang DPR yang dikuatkan pula dengan keputusan presiden no. 57, tahun 1972.
10.  Pada tanggal 31 Agustus 1972 menteri pendidikan dan kebudayaan menetapkan pedoman umum ejaan Indonesia yang disempurnakan dan pedoman umum pembentukan istilah resmi berlaku di seluruh Indonesia.



2.      Perkembangan Bahasa Indonesia di era globalisasi
Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa Indonesia. Oleh karena itu bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya.selain itu bahasa Indonesia  juga sebagai jati diri bangsa Indonesia perlu dibina oleh setiap warga negara Indonesia terutama Dalam era globalisasi ini,Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh dan budaya asing yang jelas-jelas tidak sesuai dengan bahasa dan budaya bangsa Indonesia.
Pengaruh dari luar atau pengaruh asing ini sangat besar kemungkinannya terjadi pada era globalisasi ini. Batas antarnegara yang sudah tidak jelas dan tidak ada lagi, serta pengaruh alat komunikasi yang begitu canggih harus dihadapi dengan mempertahankan jati diri bangsa Indonesia, termasuk jati diri bahasa Indonesia. Yang penulis maksud disini adalah tentang kedisiplinan berbahasa nasional, yaitu pematuhan aturan-aturan yan berlaku dalam bahasa Indonesia dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi pemakaiannya.
Menurut catatan koentjaraningrat (1993:3),sebagian besar Negara-negara di dunia adalah multietnik; dari sekittar 175 negara anggota PBB,hanya 12 negara yang penduduknya dapat dikatakan homogeny.diantara kedua belas Negara yang multietnik itu masih banyak hingga kini yang belum memiliki bahasa nasional.oleh karena itu bangsa Indonesia yang terdiri atas 250 lebih suku bangsa dengan tidak kurang 500 bahasa etniknya masing-masing (Djojonegoro,195:4). Untuk itu, bangsa Indonesia harus menjaga.Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah masalah jati diri bangsa.Jati diri bahasa Indonesia memperlihatkan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang sederhana, Tata bahasanya mempunyai sistem sederhana, mudah dipelajari, dan tidak rumit. Kesederhanaan dan ketidakrumitan inilah salah satu hal yang mempermudah bangsa asing ketika mempelajari bahasa Indonesia.Namun, kesederhaan dan ketidakrumitan tersebut tidak mengurangi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam pergaulan dan dunia kehidupan bangsa Indonesia di tengah-tengah pergaulan antarbangsa. Bahasa Indonesia telah membuktikan diri dapat dipergunakan untuk menyampaikan pikiran-pikiran yang rumit dalam ilmu pengetahuan dengan jernih, jelas, teratur, dan tepat. Bahasa Indonesia menjadi ciri budaya bangsa Indonesia yang dapat diandalkan di tengah-tengah pergaulan antarbangsa pada era globalisasi ini. Bahkan, bahasa Indonesia pun saat ini menjadi bahan pembelajaran di negara-negara asing seperti:
 Australia, Belanda , Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan Korea Selatan. 

3.      Dampak perkembangan tekhnologi dalam perkembangan bahasa Indonesia
Dengan semakin berkembangnya teknologi di dalam kehidupan kita akan berdampak juga pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas. Konsep-konsep dan istilah baru di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, termasuk bahasa Indonesia, sekaligus berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan IPTEK itu.
      Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dapat membuat pergeseran pada bahasa Indonesia. Dilihat dari realitas ini menyebabkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak yang positif dan negatif.
1.      Dampak Positif perkembangan bahasa Indonesia yang ditimbulkan  akibat dari perkembangan teknologi
a.       Dengan adanya perkembangan tekhnologi orang-orang akan sangat mudah untuk saling bertukar pesan seperti artikel  melalui surat elektronik.pengaruh positif dari pertukaran pesan ini adalah dengan adanya pertukaran artikel tersebut orang akan menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan artikel dengan memperhatikan kaidah penulisan yang baik sehingga pembaca akan sanagat mudah memahami bacaan tersebut.
b.      Dengan perkembangan tekhnologi saat ini seperti TV penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar  dalam pembacaan berita misalnya yang disaksikan oleh masyarakat Indonesia.masyarakat akan banyak mendengarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga akan mempengaruhi  berkembangnya bahasa Indonesia yang baik dan benar.
c.       Pengaruh global teknologi akan memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Pertukarang informasi dari bahasa asing (terutama bahasa Inggris) mempunyai pengaruh terhadap bahasa Indonesia yang tidak dapat dibendung lagi. Contoh information menjadi informasi. 
d.      Dalam bidang pendidikan, maka saat ini sudah dimungkinkan untuk belajar jarak jauh (e-learning) dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya.seperti yang kini telah digunakan oleh beberapa dosen di UNM
2.      Dampak Negatif perkembangan bahasa Indonesia yang ditimbulkan  akibat dari perkembangan teknologi
a.       Mempengaruhi pola berpikir Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang konsumtif dan penasaran serta   suka dengan hal baru. Terutama sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Hal ini sangat berdampak buruk terhadap pola berpikir masyarakat. Misalnya pada kalangan remaja dengan adanya internet,anak-anak sekarang ini senang bermain jejaring sosial seperti facebook.dengan adanya jejaring sosial seperti facebook terkadang melalui jejaring sosial tersebut anak-anak banyak mengggunakan bahasa gaul sehingga tidak lagi memperhatikan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar.

b. Hilangnya budaya Tradisional

         Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat hilangnya budaya anak-anak bermain permainan tradisional. Anak-anak sekarang cenderung lebih menyukai permainan berbasis online daripada bermain di lapangan. Permainan online yang digemari sering membuat anak lupa waktu dan tidak tertarik pada pelajaran sekolah. Orang tua harus bisa mengontrol dan mengawasi anak supaya tidak mengubah pola pikiran mereka kearah yang negatif.

4.    perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja
Bahasa Indonesia ialah bahasa yang terpenting di kawasan republik kita. Dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, berarti kita telah menjunjung tinggi bahasa persatuan seperti yang diikrarkan dalam sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.Namun saat ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.padahal sebaiknya sebagai generasi muda kita lah yang seharusnya bangga menggunakan bahasa tersebut.selain itu dengan menunjukkan bahwa kita bangga menggunakan bahasa Indonesia itu menunjukkan kita sebagai generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.mungkin memang kita tidak akan menggunakannya secara sangat baik namun tak ada salahnya kita sering menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.contohnya dalam kehidupan perkuliahan saja terkadang dalam forum resmi seperti diskusi kita menggabungkan bahasa Indonesia dengan dialeg bahasa daerah atau bahasa gaul yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia seutuhnya karena kita berada dalam suatu forum resmi.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan warisan budaya yang harus kita jaga karena perkembangan bahasa Indonesia terletak di tangan pemakai bahasa Indonesia sendiri. Baik buruknya, maju mundurnya, dan tertatur kacaunya bahasa Indonesia merupakan tanggung jawab setiap orang yang mengaku sebagai warga negara Indonesia yang baik. Terutama setelah kita mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia serta Perkembangan bahasa Indonesia di era globalisasi ini ada yang berdampak positif dan ada pula yang berdampak negatif namun sebagai masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme kita sebaiknya mempertahankan dampak-dampak positif yang ada serta dampak memperbaiki dampak negatif yang ada demi menjaga eksistensi bahasa Indonesia di mata dunia saat ini.

Saran
Setelah kita memahami sejarah perkembangan bahasa Indonesia serta perkembangannya di era globalisasi ini sebaiknya  Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang menunjukkan jati diri bangsa Indonesia sebaiknya di jaga terutama oleh kita para kalangan remaja yang akan menjadi penerus bangsa dan kita juga sebaiknya sebagai kalangan yang terpelajar belajar untuk membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







DAFTAR PUSTAKA
Halim,Amran.1981.Politik Bahasa Indonesia.Jakarta:PN Balai Pustaka
Tadjuddin,Moh.2004.Batas Bahasaku Batas Duniaku.Penerbit P.T Alumni
http://re-searchengines.com/1006masnur.html  (diakses 17 Desember 2012)
http://www.mtsppiu.sch.id /eksistensi-bahasa-indonesia-era-global (diakses 17 Desember 2012)




1 komentar: